UA-135753897-1 Jendela Ilmu: RPP Kelas IX KTSP AL Qur'an Hadits

Senin, 05 Oktober 2015

RPP Kelas IX KTSP AL Qur'an Hadits

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )

Madrasah                          :  MTs. Nurul Islam Kota Pekalongan
Mata Pelajaran                 :  Al-Qur’an-Haditst
Kelas                                  :  IX / 1
Tahun Pelajaran              : 2015 - 2016
Alokasi Waktu                  : 2 x 40 menit
Hari / Tanggal                   : Senin, 03 Agustus 2015 ( 9.1 )
                                               Selasa, 04 Agustus 2015 ( 9.3 )
                                               Kamis, 06 Agustus 2015 ( 9.2 )


A.       Standar Kompetensi
1.      Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan

B.       Kompetensi Dasar
1.1    Menerapkan hukum bacaan mad silah dalam Surah Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah

C.       Tujuan Pembelajaran
§  Siswa mampu menerapkan hukum bacaan mad silah dalam Surah Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah

Karakter siswa yang diharapkan :
§  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  Berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil resiko, percaya diri, keorisinilan,  berorientasi ke masa depan

D.       Materi Pembelajaran
§  Bacaan mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah

E.       Metode Pembelajaran
§  Demonstrasi
§  Tutor sebaya
§  Tanya jawab

F.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Ü  Kegiatan Pendahuluan ( 10 Menit )
Apersepsi :
§  Guru mengucapkan salam dan berdoa sebelum membuka pelajaran
§  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
§  Siswa membentuk kelompok kecil untuk persiapan tutor sebaya.
§  Guru menyampaikan beberapa pertanyaan pembuka seputar materi pembelajaran.





Motivasi  :
§  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
§  Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD

Ü   Kegiatan Inti ( 60 Menit )
Eksplorasi (peserta didik difasilitasi untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan dan mengembangkan sikap melalui kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa)
§  Guru menjelaskan materi pembelajaran tentang pengertian mad silah dan macamnya.
§  Guru memberi kesempatan tanya jawab seputar materi pembelajaran.
§  Siswa melakukan kegiatan tutor sebaya dalam membaca Surah al-Qwri‘ah dan az-Zalzalah.
§  Guru memperhatikan kegiatan tutor sebaya dan memberikan bimbingan seperlunya.
§  Setelah selesai kegiatan tutor sebaya, guru menugasi siswa untuk membaca satu per satu Surah al-Qwri‘ah dan az-Zalzalah.

Elaborasi (peserta didik diberi peluang untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan serta sikap lebih lanjut melalui sumber-sumber dan kegiatan-kegiatan pembelajaran lainnya sehingga pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik lebih luas dan dalam.)
§  Guru memberi kesempatan tanya jawab terhadap siswa yang belum dapat memahami materi pembelajaran.
§  Guru menyampaikan pesan agar siswa gemar membaca kedua surah tersebut di rumah masing-masing.

Konfirmasi (peserta didik memperoleh umpan balik atas kebenaran, kelayakan, atau keberterimaan dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh oleh siswa)

Ü   Kegiatan Penutup ( 10 Menit )
§  Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat kesimpulan pelajaran (nilai yang ditanamkan: mandiri, kerjasama, kritis, logis);
§  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram (nilai yang ditanamkan: jujur, mengetahui kelebihan dan kekurangan);
§  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran (nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis);
§  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.




Pertemuan Ke-2
Ü   Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi) ( 10 Menit )
§  Guru menyampaikan beberapa pertanyaan dari pelajaran yang lalu.
§  Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok kecil untuk persiapan tutor sebaya.

Ü   Kegiatan Inti ( 60 Menit )
§  Guru memberi kesempatan tutor sebaya kepada siswa yang belum lancar membaca.
§  Usai kegiatan tutor sebaya, guru menugasi siswa (yang belum ditugasi pada pertemuan pertama) untuk membaca secara bergantian.
§  Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.

Ü   Kegiatan Penutup ( 10 Menit )
§  Guru memberi kesempatan tanya jawab terhadap siswa yang belum dapat memahami materi pembelajaran.
§  Guru dan siswa membuat kesimpulan dari materi yang dibahas.

G.       Media/ Sumber Belajar
§  Buku paket Al-Qur’an-Haditst kelas IX
§  Al-Qur’an dan Terjemahnya
§  Buku lain yang relevan

H.       Penilaian 1
Nilai  Budaya & Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Cinta ilmu
§  Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberi-kan kebajikan bagi dirinya.
Mandiri
§  Mampu menca-ri sumber belajar sendiri
Kreatif
§  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§  Menjelaskan hukum mad silah
§  Mengidentifikasi mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zal-zalah
§  Mengaplikasikan mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah
Tes Tertulis
Uraian
§  Jelaskan hukum mad silah ?
§  Jelaskan mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zal-zalah ?
§  Sebutkan mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah ?




I.          Penilaian 2
Nama Kelompok
Keindahan Peta Konsep
Kelengkapan Peta Konsep
Kerapihan Peta Konsep
Skor
Nilai
1
2
3
1
2
3
1
2
3












Nilai =  skor yang dicapai   x 100
                         skor maksimal (9)

J.        RubRik Penilaian Diskusi
Nama                :
Kelompok        :
Kelas                :
No
Aspek Penilaian
Indikator
Deskriptor
Skor
Tema
Guru
Total Skor
Nilai

Penalaran
Komunikasi lesan
§  Komunikatif
§  Ketepatan Jawaban
1
1




Komunikasi tulis
§  Mudah dipahami
§  Ketepatan Jawaban
1

2






Mengetahui
Kepala Madrasah



Mislailatun Nikmah, SH
NIP/NIK:

Pekalongan, 02 Agustus 2015
Guru Bidang Studi



Safrudin, S.Pd.I
NIP : 198104232007101001

1 komentar: